Tuesday, April 14, 2015

My Vegan Shoes

Ada beberapa vegan sneaker fav gw... berikut ini list yang "ter" banget untuk vegan sneaker versi gw.. Ok yang paling pertama dan yang paling baru datang adalah The Guerra series dari Keep.




Y


Keep adalah produsen sepatu 100% vegan and cruelty free. Dan dari banyak series nya, gw love at the first sight dengan The Guerra.. The Guerra hadir dengan banyak design warna, tapi gw suka banget hi top perpaduan all black dengan gum sole. Tapi secara dollar masih "galak" ya udh gw ga order, nah pas suatu hari gw dapat info discount 30% plush free ongkir. Ya udah lah ya bosque.. gw order lah si Guerra ini .. Prosesnya cepat, dapat track id, confirmation, etc. Tapi ternyata karena free ongkir so mereka kirim lewat EMS Indonesian Post.

Proses pengirimannya yaitu 4 hari kerja dari tanggal order baru bisa di check Track ID nya, setelah itu 2 minggu baru dapat status "in transit in destination country" setelah 2 minggu lagi baru masuk ke EMS Pos Indonesia baru bisa di track statusnya "Departure From outward OE" trus "Arrival at Inward OE" lalu "Airport Handling" ... nah terakhirnya "Departure from Inward OE Adpis:12000" . Setelah gw check di beberapa web ternyata 12000 adalah kode kantor pos dan 12000 itu adalah kantor Pos Fatmawati, check ke 108 di kasi no helpdesk 021-75000222 / 7503009 / 75811743 dan semua nomor ini ajaib banget! Ga bisa di call, sibuk dan ga ada yang angkat. Akhirnya gw minta tolong teman untuk check ke Kantor Pos Fatmawati baru deh dapet nomer yang bener : +62 21 75817543 . Baru gw check telephone, helpdesk nya banyak membantu, dan paling ajaibnya besoknya langsung di anterin barangnya. :D

Padahal kalau gw check di web banyak banget yang ngeluh ga nyampe, sampe musti bayar pajak kalau barangnya diatas 50 USD. Tapi so far EMS ok banget koq, gratis, etapi ga tau ya apa keep yang bayarin ongkirnya :)

Ok Selanjutnya.. Saucony Jazz Low Pro Vegan! Saucony ga semuanya vegan, ada beberapa yang masih menggunakan bahan kulit. Tapi ini juga salah satu favorit vegan sneakers gw. Saucony semacam sudah menjadi seragam di kalangan scene vegan straightedge (XVgnXSxeX) . Oiya kalau yang belum tau apa itu vgnsxe bisa di googling kali ya. 


"Like your shoes de-calf? This Vegan friendly Saucony shoe contains no animal products, by-products or derivatives. Canvas and hemp create the classic design that looks as good as you’ll feel wearing them." Kata si Saucony . Ini termasuk ribet nyarinya, karena kadang di beberapa distro ada yang masukin dan gw lebih milih beli di teman karena ngorder adalah sakit kepala. Kali ini gw dapat info kalau salah satu store ada yang masukin, kalau ga salah Quickening. Order dan mendarat tanpa ribet dan pas banget! Thanks Scene :)

Dan yang berikutnya adalah the most famous shoes brand di scene. The all black cruelty-free "Vegan Old Skool" by Vans. Walaupun ga semua series oldskool adalah vegan, tetapi base on webnya hanya all black yang vegan. 


Untuk ini gw musti bener-bener research apakah oldskool ini bener vegan apa gak, karena ada beberapa review kalau vans old skool itu ga vegan. Setelah dari officially vans web confirm ini vegan baru deh. Oiya kalo ini ga perlu order karena sekarang sudah banyak vans store di mall.

Nah semua diatas ini khan casual ya, belum ada buat outdoor yang vegan. Sampelah gw di suatu web yang compare tentang outdoor equipment, salah satu review sepatunya ada yang keren dan vegan.. Dan gw lupa nama web nya.. and here we go : Five Ten Guide Tennie Canvas.


Sudah menemain lintas 6 negara, 3 pegunungan, 1 taman nasional dan terakhir ke kawah ijen dan baluran.. Just awesome. Solnya keren anti slip, ringan, dan kuat banget ujung sepatunya. Kelemahannya (dan hampir kelemahan semua vegan shoes) bahannya yang bukan kulit gampang buluk atau robek. Tapi dari sisi kenyamannya untuk outdoor sepatu ini Juara Banget! Agak susah juga untuk beli lokal, kebetulan waktu itu di BMTB (situs online shop untuk sepeda) lagi ada dan di sale karena ga laku, yaiyalah selain penggemar sepeda mana ada yang tau five ten? Oiya five ten lebih terkenal di kalangan penggemar sepeda gunung, down hill, parkour, panjat tebing, dan bmx ketimbang di kalangan pecinta sneaker casual. Dan tidak semua series yang di produksi Five Ten adalah vegan tapi hampir semua cabang olahraga ada vegan series nya. 


Brooks Ghost 6, sepatu running terbaik yang pernah gw coba! Udah pakai beberapa sepatu lari (no need to mention the brand rite?). Review untuk dari sisi vegan nya bisa di check ke VeganKicks . Jujur gw review nyari sepatu buat lari itu lama banget, sampai akhirnya gw check di Outdoorgearlab, web ini sering gw jadi rekomendasi untuk semua peralatan outdoor, karena review nya keren banget. Nah udah dapat khan target nya, pas check ke salah satu counter sport di Senayan City ada nih sepatu! Tapi harganya sekitar 1.8 jt... hehehe akhirnya karena mahal gw cari-cari lagi review yang lain. Terus suatu hari Tante dan Sepupu gw mau nyari sepatu di semacam tempat cuci gudang sport di Point Square, terus gw ikut dan setelah nyobain beberapa brand vegan running shoes kaya Saucony, New Balance dan Mizuno ya karena semuanya di Sale up to 80% jadi seadanya aja, size nya yang ada aja. Gw nemu Saucony Kinvara 4 yang vegan juga dan di rekomenin di Outdoorgearlab juga. Karena ga ada nomer yang masuk semua, akhirnya gw nyerah. Pas udah mau bayar, gw sambil males-malesan ngaduk di tumpukan and mata gw ngeliat ada Brooks! hell yeah gw nemu Ghost 6 dengan harga 500K! and size yang kegedean 1 size.. but who cares?? hahaha.. gw cobain ga gede-gede amat! And masih made in usa lagi.. and here we go.. gw pake untuk berlari-lari kemana aja.. and sepatu ini benar-benar nyaman banget.. cocok untuk jarak jauh and marathon.

Nah gitu deh story beberapa vegan shoes gw.. semoga berguna buat yang lagi mikir buat jadi vegan karena susah nyari vegan aksesoris.. So please remember :

"Animals are not ours to eat, wear, experiment on, use for entertainment, or abuse in any way."

No comments: