Saturday, January 27, 2007

Free the Turtle

20-22 January kemarin gw melakukan ritual lepas penyu bareng Zam3000 and Tats. Berangkat dari Jakarta sekitar jam 09:10 WIB nyampe jam 11:30 WITA. Langsung ke Kuta Lagoon naroh tas n bawaan.

Kuta Lagoon

Udah gitu karena penangkaran penyu dan kapal gak bisa diatas jam 12 so scheduled hari itu langsung ke Bali Bird Park.

Bird Park

Setelah jumpa fans ama burung2 di Bird park, sempet photo ama kakatua item asli Papua, burung yang hampir punah.

Bird Park

Dari Bali Bird Park lanjut jumpa fans ama The Reptils

Reptil Park

Photo bareng iguana and biawak...

Reptil Park

trus abhes itu ke Monkey Forest photo bareng onye2 yang lucu...

Monkey Forest

Udah lelas gw makan ke Laka leke Resort, menu fav-nya disitu bebek betutu and segala bebek2an lah pokoknya. Trus balik ke Kuta Lagoon, istirahat untuk ngelepas penyu besoknya. Besoknya dengan local Guide (Bli Putu and Bli Kanyun) gw ke penangkaran penyu di daerah Segara milik Pak Wayan, dia adalah peternak penyu turun menurun dari leluhurnya, kalau di Bali penyu sering dijadikan hidangan dalam upacara adat keagamaan, so sangat susah untuk melarang hal tersebut karena berkaitan erat dengan ritual keagamaan malah semestinya orang seperti Pak Wayan berhak mendapat penghargaan atas upaya-nya menangkarkan penyu. Penyu di tempat penangkaran Pak Wayan diberi makan rumput laut yang bisa menghabiskan 50rb sekali makan.

Penangkaran

Setelah mengambil 2 ekor penyu untuk dilepas bebas (sebenarnya gw rencana melepas "tukik" atau anak penyu rupanya sudah ada pengusaha dari singapura yang telah melakukan pelepasan 160 tukik pertengahan desember so informan gw hanya dapat penyu "secukupnya") gw langsung berangkat nyari perahu untuk ke laut.

Plepasan

setelah menggotong penyu dengan ukuran sedang (lumayan ngos2an juga siy) gw langsung ke tengah laut dan melakukan pelepasan dan melarung penyu (Photo2nya dikit karena udah gak kepikiran buat moto), gw terus terang melow juga ngeliat mereka akhirnya berenang bebas di lautan, di satu sisi gw senang melihat mereka bebas, tapi disisi lainnya gw kasian karena mereka dibesarkan di penangkaran yang selalu mendapat subsidi makan yang teratur, sekarang mereka harus mencari makan sendiri... so long buddy! Semoga engkau bahagia dialam sana, dan menemukan jodoh dan berkembang biak bebas sebebas-bebasnya...

Dari pantai langsung istirahat ke nyang2 beach, n karena semua udah pada kecapean kita mampir ke resto Ibu Oka di bilangan Ubud, trus ke joger and legian bentar buat beli oleh2, trus makan malam di Kunyit Resto. Check out besoknya berangkat 12:10 WITA and nyampe di Jakarta 13:30 WIB. Ke Plangi bentar bawain oleh2 (Arak bali n Brem) buat Anton, and langsung ke Kantor. Sialnya yang buat orang2 kantor ketinggalan di koper lagi! Besoknya baru gw bawain dah (kacang doang), sorry yah kawan2 gw gak sempet n gak ada duit buat shooping! Next time kali yah? Thanks untuk Local Team (Bli Kadek, Putut, Kanyun), Pak Wayan, Zam3000, and Tats tentunya... Lestarikan dan jaga lingkunganmu !

No comments: