Sunday, March 12, 2006

PeTA Protest at KFC Kemang

Image hosting by Photobucket

Senin 6 march 2006 gw dapet email dari Rochelle (PeTA Coordinator) dia bilang jadi ke Indonesia (akhirnya setelah 3 tahun), utk protest KFC Indonesia, lokasinya di kemang. Selasa 7 March 2006 dia tlp gw n bilang dia udh booking di grandflora kemang, nti malem nyampe n check in, dia dateng sama Jason Baker (Ketua PeTA utk asia pacific). Akhirnya dia dateng selasa malam sekitar jam 11:00pm. Trus gw janjian utk ketemu di loby jam 09:00am besok. Besoknya gw dateng jam 10:00 ama temen gw Firman (walau bukan Vegie tapi dia respect bgt utk animal rights). Gw ketemu di loby jam 11:00 am bareng jason n rochelle hari rabu 08/march/2006. Trus lgsg ke kamar 522, n berbekal 2 laptop jadilah kantor tuh kamar hotel. Gw n rochelle (Seorang wanita Philipino) arrange ke media, nyatetin alamat email, n tlp ke media utk press/news release.. Mulai dari pos kota ampe kompas, mulai dari RRI sampai Metro TV.. semuanya di kirim press/news release (Sebelum melakukan demo hal pertama yang harus diingat adalah penyampaian oleh rekan2 dari media, so kita musti confirm melalui press/news release). Trus firman n jason beli alat2 utk bikin kandang..

Akhirnya jam 08:00 pm rabu, semua siap, kandang, logo, leaflet, n sign. Skenarionya yaitu, gw semua (Jason, Rochelle, Firman, n GW) masuk ke kandang jam satu sampai sekitar 1 jam, jam 01:00 pm (Pas panas2nya utk menunjukkan kalo ayam merasakan yang lebih parah). Rekan2 dari jogja juga udh dikontak, n ada rekan wanita dari bekasi 1 orang... okeh ge balik nganter firman, n gw kerja malem lagi! Damned! Capek banget.
Oke besok let get rock man!

Pagi yg indah 09 march 2006 kamis... gw dari kantor langsung ke pondok hijau, kelapa dua, tempatnya si firman, setelah istirahat n mandi sebentar, gw langsung meluncur ke grandflora... nyamep disana jam 12:00 pm.. Jason pake kemeja n dasi gw cuman make kemeja firman, firman make t-shir morissey dengan dibalut jas, n rochelle pake gaun n high heel... ini satu lagi pelajaran buat gw.. kalo demo itu jangan gembel! kita harus nunjukin kalo ini penting, n harus rapih n keliatan educated. Ok, rochelle jalan dulan ke lokasi, gw firman n jason jalan sambil bawa kandang kawat yg belum dipasang, tapi udh berbentuk... gw pasang di parkiran Payon Cafe. Abis itu langsung ke lokasi yg ternyata udh banyak rekan pers.. gw langsung masuk kandang dengan urutan Ki-Ka Gw Firman Rochelle n Jason... N teman dari jOgja (Yovi n Aji, sorry kalo namanya salah tulis) n juga dari bekasi (Dina, sorry juga kalo salah tulis) memegang logo (seperti keliatan di gambar) n bagi2in leaflet. Cool. Awesome. Setelah itu para wartawan motret2 n taking picture... ada wartawan yg gak mutu banget pertanyaannya.. kaya misalnya: "berapa yg dihabiskan utk membuat kandang ini..." , " panas gak didalam kandang?"... pls deh!

Image hosting by Photobucket

Protest ini adalah bagian dari kampanye PETA (People for the Ethical Treatment of Animals) International, yg telah dilakukan ribuan kali di belasan negara, untuk menekan KFC agar memutus kerjasamanya dengan pemasok yg melakukan praktek2 penyiksaan terhadap ayam, termasuk yg ditemukan di salah satu pemasok KFC di amerika
serikat, dimana para pekerjanya menangkap ayam dengan ditendang, dilempar, dan dipukul dengan tongkat dalam keadaan hidup seperti yang terekam dalam vidio yg telah beredar luas.

PT Fast Food Indonesia adalah penjual Franchise dan operator KFC Indonesia yang saat ini mengoperasikan lebih dari 200 outlet diseluruh indonesia. PETA saat ini memprotes KFC di kota-kota seluruh dunia. Untuk informasi lebih lanjut, pls klik KFCCruelty.

Mulai dari jam 01:10 pm sampai 02:15 pm, selesai langsung cabut bareng yovi, aji, n dina trus minum es tea sebentar di dimsum... ngobrol2 n bertukar info. Trus gw roc firm n jason lgsg balik ke hotel, gw terima kasih banget buat rekan2 yang sudah jauh2 dateng dari jogja (Yovi n Aji) juga yg dari bekasi (Dina).. U awesome guys!. Trus gw ditraktir makan di Padmandi Vegetarian Resto dikawasan jakarta Utara... trus jason n roch ke bandara n balik ke singapore trus kemanila.. gw n firman balik ke hotel ngambil motor, nganter firman, n kerja malam lagi... wuuuuaaahhhh... cuapek.. untung gw besok libur! Thx thx thx banget utk direct actionnya, n no thanks fo org2 yang ngomong doang n gak ada aksi sama sekali... gedein tuh omongan!!!!

No comments: