Thursday, November 15, 2012

Kawah Ratu, 20-21 Aug 2012

Kawah Ratu Trip, Taman Nasional Gunung Salak Endah, 20-21 August 2012


Kawah Ratu (1.437 mdpl), di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun-Salak.Kalau dari Jakarta, untuk menuju Pasir Reungit: dari Bogor ke arah barat mengikuti angkot hijau jurusan Leuwiliang, belok kiri di pertigaan Cibatok, ikuti angkot biru hingga memasuki kawasan wisata Gunung Salak Endah. Ikuti jalan utama hingga melewati Curug Cigamea, Curug Ngumpet 1, Curug Pangeran, Villa Pakis Asri dan berhenti di dekat Curug Ngumpet 2. 

Trekking ke Kawah Ratu bisa dilakukan melalui jalur Cidahu-Cangkuang, Sukabumi (jarak tempuh sekitar 4,5 km), melalui jalur Pasir Reungit-Gunung Salak Endah (jarak tempuh 3,6 km), atau melalui jalur Gunung Bunder, yang berdekatan dengan Pasir Reungit.

Ada beberapa noted yang ternyata setelah gw search dari beberapa forum/blog yang di share oleh pendaki yang pernah ke tempat ini yaitu patok yang “Kawah Ratu 3,6 Km” seharusnya dipasang di patok TN HM 85, dan yang “Kawah Ratu 1,3 Km” seharusnya dipasang di patok TN HM 62. TN menunjukkan ‘Taman Nasional’, dan HM menunjukkan ‘Hektometer’ (100 meter).

No comments: