Tuesday, September 28, 2010

SAIGON-HANOI-HALONG-HANOI-SAIGON

* QZ7736 dari Jakarta (CGK) Soekarno Hatta International Airport Wed 15 Sep 2010, 1635 hrs (4:35PM) tiba di Ho Chi Minh (SGN) Tan Son Hat International Airport Wed 15 Sep 2010, 1940 hrs (7:40PM)

Berangkat dari Bandara Soetta dengan cuaca mendung. Air Asia ontime juga (bukan promosi) tapi untuk yang vegetarian, please checkin and booking vegetarian meals paling lambat 1 jam sebelum boarding. Kalau lewat dari itu sudah gak bisa and no compromise.

Begitu sampai di Ho Chi Minh (SGN) Tan Son Hat International Airport kita langsung di sambut oleh guide local namanya Ngie (mungkin tulisannya salah, tapi bagi lidah orang Indonesia begitulah namanya.) Orangnya ramah dan selalu berbahasa Indonesia. Asik juga siy serasa bertemu dengan teman lama. Keluar dari bandara saya langsung menyaksikan kalau kendaraan mayoritas motor dan merk yang sangat mudah ditemui adalah HONDA.. karena banyaknya yang bermerk Honda, sehingga penduduk local menyebut motor itu Honda...  (mungkin hampir sama dengan orang Indonesia n Jakarta pada umumnya, menyebut air mineral selalu dengan AQUA).

* 5D/4N (Lima Hari Empat Malam) SAIGON-HANOI-HALONG-HANOI-SAIGON.
Period: 15-20Sept, 2010

Day 01 : Arr SGN, Trsf In Only

Kita langsung menuju Hotel : QUE HUONG – LIBERTY 3 HOTEL  (hotel kita di Saigon) 87 Pham Ngu Lao Street, District 1, Ho Chi Minh City, Vietnam.

Karena sudah malam dan lapar kita checkin n langsung cari makan malam. Sebenarnya kita di sugest untuk makan mie (Pho) di suatu restoran dekat Hotel, namanya Pho 240. Tapi karena sudah malam dan hujan lebat so kita masuk di salah satu warung local. Saya memesan nasi goreng vegetarian dengan kacang-kacangan dari biji lotus. Enak tapi kurang pedas, so saya request untuk cabai dipotong potong dan diberi kecap asin. OMG... cabenya POLS banget pedesnya... tapi karena lapar n hujan.. so i like it a lot!

Selesai makan kita menuju balik ke Hotel dan membeli roti di toko roti lokal buat sarapan walaupun akhirnya dimakan malam2 dan besoknya free breakfast.. yg penting mulut ngunyah taruuusss.. hahaha LOL.

Day 02 : SGN (B/L/D) Visit to:

Miniature Caodai Temple

Setelah sarapan di hotel, saya 'menghajar' buah naga, salad, juice... sampai pols. Berang-berang pake kancut.. Berangcuuutttt...

Kita berangkat ke Miniature Caodai Temple , didalam sana (sayangnya kita tidak boleh foto gambar and patung di dalam temple.) ada patung lima Tuhan dari 5 agama; Jesus, Budha, dan tiga patung dewa lokal. Saya bertanya sama orang disana kenapa siy ga boleh photo? Dia bilang boleh photo patung2 itu, tapi JANGAN BERFOTO BERSAMA patung2 itu, karena itu sama saja kamu salah satu dari Tuhan. dan itu akan mendatangkan kesialan bagi kamu. Ok lah... i see..

Setelah photo2 kita melanjutkan ke :

Mytho Mekong River

Di Mekong River yang luas ini kita bisa melihat kehidupan keseharian penduduk Vietnam itu agraris, sebelum menyeberang saya mempersiapkan diri dengan pisang untuk menjaga stamina (lebay!). Setelah menunggu beberapa saat kita langsung berlayar di mekong river

Tujuan pertama melihat pembuatan permen kelapa dan beristirahat sebentar sambil makan buah2an local yang vegan banget, seneng banget di sesi ini karena hampir semua hidangannya sehat banget, buah naga, paya, trus melon, wauuh banyak dey...

Setelah itu kita kembali ke suatu tepi (sepanjang sungai ini banyak tepian yg berbeda beda daya tarik wisatanya) kali ini ke pembuatan permen kelapa tapi juga ada menjual arak lokal yang direndam dengan hewan. Ada tokek, ular, biawak.. kali ini gag vegan banget.. kasian liat mereka semua diawetkan dan direndam dengan satu tujuan agar minuman ini lebih 'berkhasiat'... Tapi pekerja wanita di pembuatan permen kelapa ini cantik2.. n wanita di saigon ini memang menarik.. uuy.. lanjuuttt..

Setelah itu kita jalan lagi menuju pembuatan madu dan minuman segar, kali ini kami dihidangkan buah2an lagi.. wuih capeknya langsung hilang karena air dari buah aren di campur dengan madu dan dimakan bersama dengan buah naga.. hampir semua buah di hidangkan dengan garam dan cabai.

Setelah kenyang kita melanjutkan menyusuri anak sungai buatan. Sungai kecil buatan ini sengaja dibuat untuk mengairin kebun2 di sepanjang pinggiran sungai

Waktunya makan siang... kita mampir di suatu tepi (luap daerahnya) untuk makan siang. menu yang disajikan untuk saya totally vegetarian n semuanya lezat... nasi goreng vegie dan semacam lumpia yang isinya sayuran beserta mie vegie dan sup jamur... sedaaaapppp... two tumbs!

Setelah selesai makan kita balik ke hotel untuk makan malam diatas perahu di Saigon river, tapi sebelumnya belanja oleh2 di Benthanh Market. (Ga ada foto, skip, ga doyan belanja a.k.a kere) Dinner Cruises at Saigon  River

Diner dan makan di sini siy saya juga dapat menu vegie, dan sempat menonton Fire Dance dari seorang penari wanita lokal eksotik. Tapi saya kurang menyukai tarian ini karena terlalu meng-eksploitasi wanita. Kenyang dan balik ke hotel... weits mampir beli ruti dulu... buat cemilan di malam hari..

Day 03 : SGN Dep (B/LD) Visit to:
Reunification Palace

Pagi-pagi sekita jam 8:00 AM kita bersiap packing n langsung ke Reunification Palace. Banyak hal dan poto yang menarik disini tapi ada kejadian lucu di tempat ini. Ada seorang kakek yang dengan semangatnya mau melihat salah satu ruangan di gedung ini, tapi karena terlalu bersemangat dia tidak melihat ada kaca.. duinggg...ing.. ingg... dia pun menyundul kaca.. duh maap ya kek saya ga sempat nahan.

War Museum

Setelah itu kita melanjutkan ke musium perang, disini banyak poto dan bukti2 kekejaman perang.. poto2nya sadis2 banget.. kepengen beli emblem2 tentara usa yg asli n copotan tapi mahal... 4 USD, yah kalo di rupiahin siy sekitar 36000 IDR. Setelah puas poto2 kita melanjutkan lagi ke Notredame Cathedral...

Notredame Cathedral

Noredame Cathedral di bangun oleh Perancis pada saat invasi ke Vietnam, sayangnya lagi tidak dibuka so kita tidak bisa masuk. Di daerah sini sering dipakai sebagai pre-wed pics area.

Post Office

Disamping Cathedral itu ada kantor pos oldskool yang lagi2 dibangun oleh Perancis. Detail bangunannya benar2 megal dan eropa banget.. kaya begini di Indonesia juga semestinya ada cuman dikelola dengan tidak baik. Setelah sempat tukar mata uang, kita melanjutkan jalan di kota.. city tourrr...

City Hall

Dari Post office kita menuju ke monumen and tugu Uncle Ho.. lumayan juga siy, kita melewati gedung2 yang dibangun oleh Perancis dan Amrik. semuanya bersih, dan yang paling salut adalah kebiasaan mereka untuk naik motor dengan amat sangat pelan dan teratur.. tapi juga keras kepala... pelan tapi ga mau nge-rem.. bingung khan? heheheheh

Cuchi Tunnels

Ok Chuci Tunnels adalah tempat fav saya di dalam Tour ini... saya dibuat terkagum kagum dengan siasat gerilyawan Vietnam dalam menggunakan lorong (tunnels) untuk mengecoh tentara barat yang ukuran badannya ga banget untuk bisa berantem dalam lorong ini.. disini saya mencoba salah satu trik mereka untuk menghajar dan langsung menyelamatkan diri di terowongan buatannya. Lorong2 ini bisa sampai kedalaman 9 meter lebih dan ini bertingkat. Mereka melakukan aktivitas sehari-hari didalam lorong ini.

Banyak manekin tentara Vietkong yang bisa menggambarkan aktivitas mereka sehari hari..

Didalam area ini kita juga ditawarkan untuk mencoba menembak bermacam senjata.. n pilihan saya AK47... senjata dan icon pemberontakan rakyat 'kiri' (istilah kiri dan kana sekarang sudah ga jaman lagi).

Setelah menembak saya berfoto dengan seorang instruktur yang kayanya adalah mantan pejuang. ok then lets take a pic.. 1 2 3.. cheeesseeeee....

Kayanya belum lengkap ke sini tanpa mencoba trowongan buatan tangan2 vietkong... akhirnya kami ber 6 mencoba trowongan sepanjang 15 meter saja.. tapi hasilnya... waduuuhhh bener2 suffer... panas.. n gag layak untuk di tempati hidup... tapi disitu kita bisa melihat perjuangan bangsa vietnam sesungguhnya... ok then bye bye Cuchi Tunnel... love it!

then flight to Hanoi, about 18h-19h.( 2hour by flight) Meet and Dinner at local Rest

1 VN 234 17SEP F SGNHAN HK4 2010 2210 /E

Akhirnya kita makan dulu dekat bandara n langsung ciao ke Hanoi...bye bye Ngie...semoga kita bisa berjumpa lagi... n thanks udah nemenin kita2 keliling n nice with us... c u.. GBU

Day 04 : HAN-HALONG-HAN (B/L/D) Morning proceed to Halong to take a Cruises to Halong Bay to see the spectacular rock formation and beautiful caves. Lunch onboard then proceed back to Hanoi for  overnight

Sampai di Hanoi kita ditemani oleh tour guide namanya Twins (lagi2 spell-nya salah n itu yang kedengaran di kuping saya).. Twins tidak bisa berbahasa Indonesia tapi orangnya kaku n khas wilayah "kiri" tapi aslinya dia baik. Sungguh... Kita diantar ke hotel n karena sudah malam so kita langsung istirahat n besoknya mau ke Halong Bay!

Pagi2 jam 8AM bersiap ke Halong untuk nae cruise ke Halong Bay... tapi sumpah perjalanannya jauh banget sekitar kurang lebih 4-5 jam. n pemandangan kiri kanan nya Indonesia banget... orangnya lebih keras dari Saigon. Tapi perjalanan ini terbayar lunas dengan pemandangannya...

"The spectacular rock formation and beautiful caves" di iklan pariwisatanya ga salah... tempat ini sungguh indah sangat.. love it. perjalanan menuju caves yang dicanangkan oleh Unesco sebagai cagar budaya dunia benar2 membuat saya kagum... love it!

Setibanya disana saya melihat air sungguh indah tapi kenapa tidak ada kegiatan watersport ya? tapi auranya memang menyiratkan tempat ini ga cocok untuk watersport karena tidak ada tepian yang ada hanya pulau pulau karang yang indah.

Kita memasuki cave ini... Photo diatas ini adalah poto jalan masuk seorang nelayan yang menemukan tempat ini.. dia melihat ada monyet2 di pulau ini, dan dia tertarik untuk melihat pulau ini dari dekat. Setelah dia naik ternyata ada jalan masuk gua yang begitu indah. Gua ini hanya memiliki satu aula besar dan dikelola sangat baik..ditetapkan sebagai cagar budaya dan di bangun oleh pemerintah vietnam.

Banyak spot indah di cave ini n kita bisa merasa sungguh kecil didalam ciptaanNya. setelah istirahat sebentar minum air tebu dan makan pisang kita balik.. Lunch di dalam kapal. Menu Vegienya assoy geboy..

Pulang dari halong bay dengan perjalanan yang lumayan jauh badan kayanya capek banget kelamaan duduk di mobil. Kita berhenti sebentar untuk makan malam.... n menunya waooo TOP BGT! buat kalian para Vegan Backpacker sangat dianjurkan makan disini.. saya ambil kartu namanya tapi ilang... nanti saya cari lagi dey nama restonya... top abies brader n sista!

Water Puppet

Sehabis makan kita di drop ama Twins di Water Puppet, kayanya belum lengkap perjalanan ke Vietnam kalau belum ke sini. Konsepnya seperti wayang tapi dimainkan diatas air dengan diiringi music traditional yang ceria. Tapi karena bahasanya saya kurang ngerti walau dengan menyimak dialog dan aksen yang kocak, bagi kalain yang capek jangan jadikan tempat ini pilihan terakhir karena bakal ngantuk. AC Dingin n jalan cerita yang monoton. kalau saya siy suka banget.. Kira2 menceritakan tentang 4 musim di Vietnam dan aga manusia menghargai air sebagai sumber kehidupan... Setelah ini balik ke hotel, jalan kaki sekitar 10 menit, dan istirahat. besok city tour, balik ke Saigon n langsung ke Jakarta..

Day 05 : HAN-SGN Dep (B/L) Morning visit to

Hochiminh Maosoleum

Pagi-pagi setelah sarapan kita langsung menuju Monumen dan makam Uncle Ho. Twins menceritakan tentang perjuangan n biografi singkat uncle Ho.

One Pillar Pagoda

Dari uncle Ho kita berjalan kaki ke One Pilar Pagoda. Pagoda agama Budha yang hanya menggunakan satu pilar... dari foto diatas kami semua tampak gembira dan tersenyum khan? kenapa? karena di belakang guide kami ada orang bokinan ga liat2 tempat grepe2 n ga tau malu... wakakakakakakka... dunia serasa milik kita bedua de.. gitu kalie ya?

Temple of Literature

Setelah itu kita ke Temple of literature, tempat ini tadinya digunakan sebagai kampus orang2 pintar di Vietnam, tempat ini banyak melahirkan Think Thank Vietnam.

Hoankiem Lake

Sehabis dari Temple of literature kita melanjutkan jalan2 ke danau yang katanya ada kura2 raksasa yang tidak bisa di temuin dimanapun... tapi saya kecewa ternyata kura2nya udh di keringin... kasian banget...

then Lunch at Local Rest

Setelah puas city tour kita makan siang di restoran ini... menu vegienya enak dan yang paling penting banyaakkk banget bow... hehehehe duh suka banget tempat ini... pelayannya juga bae2...

then transfer to airport for flight to SGN

Setelah makan kami semua diantar sama Twins ke bandara, orang ini rela lo antriin kita sampai selesai checkin n masukin bagasi.. thanks ya Twins... sampai jumpa di kesempatan yang lain.. take care...

2 VN 219 19SEP S HANSGN HK4 1330 1530 /E

Sampai di bandara Saigon sebenarnya masih lama tapi karena capek dan bokek so kita memutuskan istirahat di airport.

* QZ7737 dari Ho Chi Minh (SGN) Tan Son Nhat International Airport Sun 19 Sep 2010, 2005 hrs  (8:05PM) ke Jakarta (CGK) Soekarno Hatta International Airport Sun 19 Sep 2010, 2310 hrs (11:10PM)

saya sungguh menikmati perjalanan ini... belajar dan membuka mata melihat budaya lain dengan kultur yang berbeda... Sampai Jumpa di perjalanan berikutnya...

PS: Tidak susah kok seorang vegan melakukan perjalanan.. setiap negara pasti ada menu vegannya..  love it!

SERBA-SERBI said...

Salam kenal, pakai local tour apa di sana dan berapa harganya? Tks.

Tolong minta alamat travel agent di sana ya. Tks.

Peter said...

pakai dong travel tour, guidenya ada yg bisa bahasa Indonesia..

Have Fun ya...

Anonymous said...

wkwkwkwk..mantabs

awesome. i like your post. Aku vegetarian pingin banget bisa merasakan kuliner veggie di belahan dunia lain