Wednesday, December 14, 2005

Buy Nothing Day

Buy Nohting Day (BND, hari tanpa belanja)adalah hari peringatan (informal day) melawan konsumerisme yang diadakan serta dikembangkan oleh aktivis sosial. Pertama kali dikenalkan oleh seorang seniman asal Vancouver bernama Ted Dave dan didukung oleh media di kanada yaitu Adbusters Magazine. Partisipan menahan diri untuk tidak membeli apapun (belanja) selama 24 jam untuk mengalahkan kekuatan konsumerisme. Acara dilakukan secara tahunan di negara pertama (america dan eropa) yang banyak kebiasaan berbelanjanya tinggi. Aktivis juga berpartisipasi dalam aktivitas melawan arus seperti whirl-mart (memboikot hypermarket) dan kegiatan lain yang cenderung radikal dalam berekspresi. Juga memprotes materialisme dan barang/merk mewah lainnya.

Di US dan Canada, demonstran melakukan aksi biasanya sehari sebelum Hari Thanksgiving. Hari ini, biasanya disebut "Black Friday", hari paling ramai untuk berbelanja dalam setahun. Di negara lain demonstrasi biasanya dilakukan sehari sesudahnya.

Walaupun banyak juga yang menentang BUY NOTHING DAY, dengan alasan kenapa kita melakukan hal tersebut hanya 1 hari? bagaimana kebiasaan berbelanja kita dalam setahun? Malah ada statement ekstrem yang mengatakan bahwa aktifis seperti itu yang bergaya anti-war, anti-production, anti-everything just because it makes them feel smart!!! "Passive activism"!!! kenapa tidak direct action seperti Food Not Bombs (akan kita bahas suatu saat nanti) yang aksi nyata cooking/masak untuk share, untuk rakyat miskin dan gepeng, penyetaraan.

Di dalam pro dan kontra BND, ada baiknya kita melihat brightside dari BND, keseharian kita yang sudah mengalah pada system dan kapitalisme, mungkin bisa menyediakan 1 hari untuk melawan semua itu. Sendiri melawan dunia. Melawan arus ditengah generasi Nike, Adidas, McDonald, dan Monster Kapitalis lainnya.

"BUY NOTHING DAY!!!! What should you do? For just 24hr, closed ur wallets and don't spend a cent. See how you hold up. Lets shrink our environmental footprint and tell the marketers that we are in control!"

Source:
http://adbusters.org/home/
http://www.buynothingchristmas.org/
http://www.adbusters.org/metas/eco/bnd/2005.php
http://en.wikipedia.org/wiki/Buy_Nothing_Day

No comments: